Resep : Pempek Ser (Makanan Tradisional Palembang)


Pempek Ser




























Assalammualaikum viewers.. kali ini gue mau bagi resep makanan tradisional Palembang, yang biasanya kita kenal pempek. Pempek Palembang itu banyak jenisnya, ada pempek kapal selem, ada pempek dos, ada pempek pistel, ada juga pempek lenjer dan masih banyak lainnya. Semua jenis pempek itu terbuat dari ikan giling ada juga terbuat dari gandum alias tanpa ikan giling. Terkadang ikan giling suka mahal kan, mungkin bagi ibu2 yang kebingungan mau irit uang bulanan kalian bisa coba resep gue kali ini, apalagi ibu2 yang doyan makan atau yang suka sama pempek atau bahkan sekeluarga yang doyan pempek seperti keluarga gue doyan pempek hahahaha. Jadi kebetulan gue pagi2 kan mau sarapan, maunya yg cepet saji, simple biar cepet makan hhaaa. Jadi gue mencoba buat pempek ini yaitu Pempek Ser. Mungkin bagi para viewer dari Palembang baru denger, apalagi yang diluar Palembang. Buatnya gampang pempek ini kalo dilihat seperti roti chane dari India tapi ini Pempek yaa bukan roti chane hhee. Ayooo dicoba cara membuatnya simpel dan bahannya mudah didapet. 

Resep : Pempek Ser (Makanan Tradisional Palembang)

Bahan:
1. Gandum 300 gram
2. Tepung tapioka/sagu 100 gram
3. 1 butir telur
4. Udang gragu
5. Garam secukupnya
6. Air secukupnya
7. Minyak Goreng (untuk menggoreng)

Cara membuatnya:
1. Masukkan gandum, tepung tapioka dan telur. Aduk hingga merata. lalu masukkan air sedikit demi sedikit aduk perlahan (adonannya jangan terlalu encer yaa, adonannya enaknya sedikit kental).
2. Setelah adonan mengental masukkan garam dan udang gragu lalu aduk merata.
3. Siapkan teplon tipis yang sudah diolesi minyak goreng (sedikit aja minyaknya).
4. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke teplon panas, Seperti kita memasak kriker.
5. Setelah warna pempeknya ser nya berubah kecoklatan di balik yaa, biar masaknya merata. Setelah bolak balik dan berubah kecoklatan, angkat deh.
6. Pempek ser siap disantap, bisa dimakan dengan cocolan cuko, atau sambel atau saus tomat sesuai selera.

Adonan Pempek Ser kental
Pempek Ser di masak

Gimana viewers gampang bingit kannn? gue sukanya buatnya dipagi hari, biasanya suka dijadiin buat sarapan pagi, apalagi disantap selagi hangat mak nyosss hhaha. Anyway, kalo mau tahu sejarah resminya kenapa ada pempek ser gue juga kurang tahu. Cuma yang gue tahu ceritanya dari nyokap, ini makanan kesukaan nenek buyut gue dulu (neneknya si nyokap). Jadi ceritanya nenek buyut gue itu orang Palembang asli atau tulen Palembang, tapi dia bukan tinggal di Palembang. Dia tinggalnya di Arab Saudi sana, karena orang tuanya pedagang kain/sewet di Arab, merantau gitu, namanya orang Palembang asli memang pedagang sewet atau songket. Dia lahir sana (andai gue juga lahir disana #ngareppp) enak yaa bisa lahir disana. Kalo jaman dulu mah mana ada visa atau passport kayak sekarang, kalo mau pindah yaa pindah2 aja, enak yaa kayak gitu hhha. Suatu hari Arab sedang bersitegang yaa bisa dibilang lagi berperang lah, kan jaman dulu memang masa berperang jaman sekitar tahun 18xx berapalah gue juga kurang tahu. Akhirnya nenek buyut gue kembali ke tanah air, ke Palembang. Saat dia pulang dia udah married tuh ceritanya udah punya anak termasuklah kakek gue anaknya. Nah saat dia tinggal di Palembang, gue diceritain nyokap, dia ngk bisa makan nasi, makan pindang tulang apalagi pempek kapal selem haha. Karena lidahnya sudah kayak orang Arab jadi akhirnnya terciptalah pempek ser ini. Kalau di Arab kan makanannya roti kayak roti chane dan berkari berhubung di Palembang ngk ada roti chane yang berkuah kari. Jadi untuk mengatasinya dia makan dari gandum dicampur telur terus di goreng kayak resep diatas cuma bedanya nenek buyut gue dia ngk pake udang gragu, murni dari gandum sm telur aja, itu mah cuma variasi gue aja biar nambah nyahut aja rasanya hhaa. Makanya dinamain pempek Ser, kalo kata "ser" itu di dapat dari ketika kita mau memasak adonan ke teplon biasanya berbunyi tuh, berbunyi "serrrrr" diteplon, kurang lebih begitu bunyinya hhaaa. Jadinya Pempek Ser sekarang hhaa wajar kalo kalian mampir ke Palembang nyari pempek ser di toko pempek atau pusat jajanan pempek ngk ada. Karena ini resep keturunan dari keluarga gue yang kebetulan aja sih ketemu resep kayak gini karena nenek buyut sukanya makanan berkari hahaha. 
Jadi bagi yang ngk bisa makan nasi atau ceritanya sama kayak nenek buyut gue baru balik dari Arab atau India bisa nih dicoba hhaa, semua orang di dunia ini bisa mencobanya, silahkan selamat mencoba dan menikmati yaaa, see yaaa :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.