Pengalaman Melamar ODP Di Bank Sumsel Babel

Assalammualaikum..

Alhamdulillah gue masih diberi kesehatan oleh Allah untuk bisa coret-coret nih blog. Hari ini gue mau share pengalaman gue tes di Bank Sumsel Babel. Yahh,, karena status gue sekarang jobseeker jadi gue lamar kerja (Ya Allah berikan hambamu pekerjaan yang baik dan pekerjaan yang semakin dekat kepadamu amin). Sebenernya gue abis dapet penolakan dari Bank Sumsel tapi alhamdulillah juga gue dapet pengalaman selama tes kemarin jadi mau sharing ke kalian, siapa tahu minat lamar ke Bank Sumsel Babel.

Sedikit curcol sebenernya gue almost give up karena lamar kerja sana sini masih belum dapet juga tapi gue keep fighting karena suatu hari nanti Allah pasti giving me a better job amin. Kebiasaan gue sehari-hari, selalu googling nyari kerjaan dengan semangat membara (lebayy). Tapi lama kelamaan gue bosen tuh searching loker, jadi dilema pengen lanjut S2, akhirnya gue jarang update lagi tentang loker. And oneday, ada line dari temen gue kalo Bank Sumsel bukaan loker dengan posisi ODP. Pas denger posisi ODP serasa jatuh cinta bersemi kembali. Dengan the high power gue buka websitenya PPM manajemen karena Bank Sumsel kerjasama dengan PPM. Langsung drop say, karena sebelumnya gue pernah lamar di BPJS menggunakan PPM, gue pikir sulit nih soalnya harus bisa bermain dengan waktu dalam pengerjaan soalnya. Tapi dengan support orang tua dan sahabat gue cobalah apply lamaran.

1. Registrasi online & seleksi administrasi (21 November 2015 - 5 Desember 2015)
Untuk seleksi pertama kita mengisi data  diri di websitenya PPM, As usual, isi your full name sampai, id kalian, formal education, sampai experience job bagi yang punya pengalaman kerja. Isi aja apa yang diminta sesuai data diri kalian yang paling penting cek lagi no handphone sama email yaa soalnya informan bisa smsi kamu tentang pemberitahuan atau pengumuman. Setelah kalian merasa yakin data yang diisi lengkap dan benar, lalu kita disuruh untuk verifikasi, buka di email kalian lalu klik verifikasi, kalau nggak ada lihat di spam deh kalau masih belum muncul bisa call person di webnya PPM.

2. Pengumuman lulus administrasi ( 18 Desember 2015)
Tiba-tiba gue dapet sms dari pihak PPM, kalau pengumuman yang lolos administrasi sudah bisa di lihat di akun kita masing-masing di webny PPM. Alhamdulillah, gue lolos di tahap ini berhak lanjut ke tahap tes potensi. Lalu gue diberitahu kalau untuk melihat lokasi tesnya pada tanggal 5 Januari 2016. Kira-kira yang lolos seleksi administrasi ini sebanyak 1200 lebih gue juga lupa hhe, Drop say, melihat yang daftar banyak membludak karena posisi ini juga sangat menunjang buat kelangsungan hidup juga hhaa. Pada tanggal 5 Januari 2016, barulah diberitahu lokasi dan jam berapa kita tes, waktu itu gue dapet di Politeknik Sriwijaya, jam 13.00-selesai, shift 6. Gue dapet shift terakhir karena dibagi berdasarkan abjad nama, berhubung abjad nama gue S biasanya dapet akhir. Jangan lupa kita download kartu peserta, surat pernyataan sama daftar riwayat hidup. Untuk riwayat hidup biasalah yaa isi biodata kita, dan ada juga beberapa soal yang harus kita jawab. seperti:

1. Apakah anda pernah melamar di Bank SumselBabel sebelumnya, kalau iya, jelaskan? Gue jawab "ya dengan posisi frontline tahun 2015".
2. Apa yang motivasi anda untuk melamar di Bank SumselBabel? gue jawab "karena bank sumselbabel merupakan bank nasional terbesar yang ada di Indonesia dan saya ingin mengembangkan diri dan memberikan konstribusi yang positif untuk bank sumsel babel".
3. Apakah anda juga sedang melamar ke perusahaan lain? bila iya, jelaskan? Gue jawab iya, gue tulis perusahaan PLN, Pusri, BPJS.
4. Bila masih bekerja, apakah anda masi terikat kontrak dengan perusahaan sekarang? bila ya, jelaskan. gue jawab tidak (memang gue belum pernah kerja sama sekali hha #miris).
5. Adakah saudara kandung/suami/istri/orang tua yang bekerja dibank sumsel babel? gue jawab tidak.
6. Dari manakah anda mengetahui dari bank sumsel babel? gue jawab dari websitenya banksumsel babel.
7. Darimanakah anda mengetahui info perekrutan Bank Sumsel Babel tahun ini? gue jawab "searching dari googling" yaa walaupun gue dikasih tahu temen hha.
8. Berapa penghasilan dan fasilitas apa yang anda harap? pertanyaan menjebak ini -___- gue jawab "mengikuti standar yang di tetapkan dan sesuai dengan tingkat pendidikan dan posisi".
9. Bila keterima di BPJS kesehatan, kapan anda siap mulai bekerja? sumfeh gue bingung bin linglung jawab pertanyaan ini gue lamar di Bank sumsel tapi apa diterima BPJS hha, gue jawab aja "sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan". (cari jawaban yang paling aman hhaa).

Saran gue untuk jawab semua pertanyaan itu perlu dipikirin matang2 yaa jangan asal apalagi pertanyaan gaji walaupun kalian udah ada pengalaman kerja tetap aja rendah hati jawabnya karena pertanyaan itu nanti bakal ditanya lagi saat interview psikologi.

3. Tes Potensi & Tes Kompentensi IT (Khusus pelamar IT Programer)
Tes kali ini dibagi 2 hari say, gue dapet hari terakhir dan jam terakhir. Tapi gue bersyukur jadi gue bisa baca situasi tentang gimana tesnya (ambil hikmahnya say kalau dapet akhiran bisa make a well preparing more). You have to remember, kalau tes potensi bukan sekedar potensi aja, tetapi ada juga tes tentang pengetahuan umumnya. Jadi, sebelum tes gue nanya sama temen gue yang udah tes duluan, harus pinter-pinter baca situasi sebelum berperang. Walaupun dipemberitahuan cuma tes potensi tapi ada juga tes pengetahuan umum walaupun nggak banyak. Oyah gue lamar posisi yuris karena gue lulusan dari fakultas hukum tapi bisa juga bagi sarjana hukum yang mau lamar posisi audit tapi gue ngk berani say karena takut ngk mampu jawab saat di interview (nanti gue share kaitan lamaran posisi kita saat diinterview). Jadi untuk posisi ODP Bank Sumsel ini dibagi lagi menjadi 6 posisi jabatan :

    1. Analis
    2. Auditor
    3. Yuris
    4. Programmer development & QA
    5. Programmer network & security
    6. Programmer hardware

Bagi kalian yang apply posisi programmer, nanti selain tes potensi kalian akan di tes juga dibidang IT kalian.
Untuk tes kali ini banyak-banyak belajar aja sama rajin ibadah yaa. Karena dari pengalaman temen-temen sebelumnya memang begitu semua tidak perlu pintar atau memiliki nilai yang bagus karena tidak berpengaruh. Gue sebelum apply lamaran Bank Sumsel gue rajin belajar TPA karena rata-rata tes kerja semuanya menggunakan tes TPA. Saran gue beli aja di toko buku terdekat banyak kok yang jual soal-soal TPA, gue sarani kalau bisa yang standar bappenas. Sebelum tes dimulai gue sudah mempridikasi waktu belajar gue dari tanggal pengumuman admnistrasi, gue sudah kosentrasi dengan belajar TPA standar bappenas. Tapi yang bikin gue tercengang adalah soalnya sangat simple banget diluar dari perkiraan ternyata soalnya standar matematika dasar. Karena gue pikir sama kayak tes di bank nasional lainnya yang menggunakan standar bappenas -___-. Tapi tetap dalam hati bersyukur walaupun begitu gue sudah belajar dengan keras. Catatan sebelum lamar kerja, kenali diri kalian dulu, kalian merasa kurang di bagian mana, kalau gue sih mah merasa kurang di bidang matematika. So rajin2lah belajar di bidang menurut kalian kuranga (sebenarnya sih gue masih banyak kekurangan, di semua bidang hha). Dan sebelum tes TPA juga gue suka searching pengalaman orang yang sudah pernah tes di Bank Sumsel tapi belum ada yang share pengalaman tes di Bank Sumsel, walhasil gue cuma nerka-nerka apa aja yang bakalan masuk. Ada juga yang share pengalamannya tes di Bank sumsel tapi beda posisi lagian gue pengen yang lebih detail (makanya kali ini saya niat sharing yang lebih detail).

Saat tiba tes, kalian disarankan untuk datang 30 menit sebelum tes dimulai, tapi kalau gue satu jam sebelum tes karena gue selalu membaca situasi takutnya ada apa-apa dijalan dan kondisi jalan di Palembang sekarang sering muacettt. Kita juga di suruh memakai pakai kemeja putih polos dan bawahannya celana/rok dasar hitam polos. Saran gue untuk penampilan, berpenampilan lah yang simpel dan sesuai ketentuan. Bagi untuk cewek gue sarani untuk pakai rok saja karena lebih enak dilihat lagian lambang cewek adalah rok, betul betul? Tapi bagi yang nggak pakai hijab pakailah rok di bawah lutut jangan terlalu pendek karena dilihat kesopanan kita. Untuk sepatu gunakan sepatu pantopel hitam baik cowok atau cewek. Anggap saja kalian sudah menjadi karyawan bank karena penampilan sangat penting dilihat dari kesiapan kita apakah siap bekerja atau tidak. Bagi cewek berhijab yang sama kayak gue, gue sarani pakai hijab berwarna biru langit sesuai warna bank sumsel. Karena dulu waktu gue pernah di interview di bank mandiri. gue disarani pihak banknya kalau bisa menggunakan hijab sesuai dengan banknya kalau mandiri kan biru tua(karena itulah mungkin gue ngk lolos dimandiri hha), waktu itu gue pakai hijab warna hitam tapi kalau nggak ada jangan dipaksalah hhe. Kalau untuk cowok saran gue pakai dasi warna hitam aja. Untuk asesoris baik cowok maupun cewek cukup gunakan jam tangan dan belt bagi cowok, cewek juga mau pake belt gpp kalau sesuai. Jangan terlalu banyak pakai asesoris yang berlebihan kelihatan kita terlalu glamour dan penilaian akan berkurang karena akan dilihat kita terlalu materialis (ini akan berhubungan dengan tes psikologi). Untuk make up bagi cewek, jangan terlalu over make up yaa, gunakan sesuai porsi yaa hha. Ada tuh kemarin peserta pakai make up kayak mau pesta aja jadi perhatian peserta lain hha. Bagi cewek rambut jangan terurai, jangan samakan di iklan shampoo, kalau bisa dikuncir atau sanggul simple kan banyak tuh sekarang tutorialnya bikin sanggup simple dalam satu menit.

Selain penampilan siapkan berkas-berkas kalian dengan lengkap, karena pada saat ujian bener2 dicek kelengkapan berkas kita. Kalau untuk yuris menggunakan map karton berwarna hijau, untuk analis warna merah, auditor warna kuning dan programmer warna biru. Dimulai  poto 4x6 2 lembar, potokopi ktp/sim/paspor, surat pernyataan, riwayat hidup sama ijazah dan transkrip yang berlegalisir cap basah, disusun dengan rapi didalam map. Jangan lupa bawa kartu peserta, bawa pensil kayu bukan pensil mekanik karena sistem komputer hanya menerima pensil kayu sama bawa papan ujian juga.

Oke kalau sudah komplit, siap untuk perang. Alhamdulillah gue siap, sambil nunggu masuk ke ruangan, terlebih dahulu lihat nomor urut kita yang ditempelin di jendela. Nomor urut kita ditulis di map serta cantumkan juga nama lengkap, no regis dan posisi jabatan. Saran gue, sambil nunggu enakan cari tempat duduk aja sambil dzkir (bagi islam) dalam hati biar pikiran tenang, relax kalau kalian sibuk bolak balik terus obrol sama temen sudah banyak tenaga yang keluar.
Masuk ruangan kita diatur sesuai nomor urut, setelah dipersilakan masuk, langsung cepat-cepat kita cari nomor urut. Gue dapet paling belakang almost mendekati sudut pojok, yang gue pikir ini adalah tempat favorit setiap orang untuk ujian. Tetapi menurut gue pada faktanya, gue sangat tidak nyaman duduk dibelakang, dimana kita menjadi perhatian khusus para panitia PPMnya, disisi lain, penjelasan panitia dari PPM sedikit sayup-sayup terdengar dibelakang, jadi apa yang dijelasin kurang jelas. Yang penting dari tes ini kita harus mengikuti rulesnya yaitu perintah dari panitia. Tapi gue sangat mengenaskan dapet posisi belakang, tapi berkat restu Allah, karena rajin ibadah tadi, Alhamdulillah gue diberi kesempatan duduk di depan nomor 3 kalau nggak salah tapi tetap pada baris gue. Gue dipanggil panitia untuk mengisi bangku peserta yang kosong/yang tidak hadir. Jadi jangan pikir duduk belakang itu enak. Sebelum mulai, kita disodori sebuah kertas mengisi kembali biodata kita, nah biodata ini juga jangan asal isi yaa, nanti akan ditanya saat interview psikologi, kalau bisa isian kita masih bisa diinget. 

Mulai tes pukul 14.00, panitia mulai memberi abah2 dan penjelasan, ada juga penjelasan di slide depan panitia. Jangan sekali-sekali melanggar aturan panitia bisa-bisa dikeluarin dari ruangan, satu lagi jangan lupa bawa ktp asli membuktikan kalau kita bukan abal2 hha.
Tes pertama dimulai dengan tes potensi, gue diberi sebuah buku kecil berwarna biru muda. Soal pertama tentang sinonim dan antonim, simple kok soalnya. contohnya:
a. relasi
b. rekanan
c. langganan
d. anggota

kita disuruh menyilang dua jawaban, dari contoh diatas kita lihat dulu apakah ini sinonim atau antonim. soal diatas adalah sinonim karena relasi dan rekanan sama artinya. Jadi jawaban yang disilang adalah a. relasi dan b. rekanan. Sistem lembar jawabannya pakai LJK tapi buka di hitamkan melainkan, cuma disilang (x) / cross tapi tidak boleh keluar dari garis yang disediakan. Gue lupa jumlah soalnya kalau nggak salah sih ada 50 soal, untuk waktu gue kurang tahu mungkin cuma 15 menit bener2 dilatih kemampuan analis kita dalam waktu singkat. Gue cuma dapet 32 soal tapi gue yakin dengan semua jawaban gue asal kalian banyak belajar pasti bisa.
Selanjutnya soal matematika dasar. contoh:
456 x 362 = ...
a. 165071
b. 165072
c. 165073
d. Selain diatas
Jawabannya tentu b. tenang kalian bakal dikasih kertas buram untuk menghitung tapi tidak boleh menggunakan kalkulator. contoh lain:
34 + 3321 x 7 = ...
a. 23482
b. 23483
c. 24485
d. Selain diatas
Jawabannya adalah d. Hasil jumlah yang benar adalah 23485 tetapi tidak ada jawaban yang menuliskan 23485 jadi jawabannya d. You hv to remember jangan panik, jangan ceroboh harus jelih dari mulai berhitung sama melihat jawaban a,b,c dan d kadang suka terselip-selip hampir mirip jawabannya. Kira-kira jumlah soal ini ada sekitar 40 soal, waktunya gue kurang tahu,
Soal berikutnya masih di dalam buku biru tersebut, yaitu soal matematika cerita. contoh:
Berapa jumlah 10 kaki tali tambang apabila dibagi menjadi 3 potongan. Berapa meter tiap 3 potong tali tambang?
a. 1,016
b. 1.015
c. 1.014
d. Selain diatas
inget ! 1 kaki = 0,3048.
jadi jawabannya, a 1.016. 
Tes berikutnya adalah bangun ruang. I am so sorry gue ngk bisa kasih bentuk soalnya dalam picture karena ngk ada gambarnya nih, gue jelasin aja yaa.
kira-kira jumlah soalnya ada 50 soal, jadi soalnya itu kita diberikan sebuah jaring-jaring bangun tiga dimensi, tugas kita menentukan bangun tiga dimensi tersebut. Relax say, karena bangun ruangnya simple apalagi kalau kalian sering berlatih soal2 standar bappenas gue yakin kalian lolos ditahap TPA ini. Gue terjawab kok hampir 40 soal terjawab dengan yakin.
akhirnya tes potensi selesai, buku soal, lembaran coret2tan kita tadi sama lembar jawaban di kembalikan semua. Usahakan lembar jawaban kita bersih dan tidak kusut atau terlipat. Dan satu lagi buku soal jangan dicoret sudah diperingati sama panitianya dari awal hhe.

Tes berikutnya yaitu tes deret/irama bilangan, jumlahnya sebanyak 40 soal kalau ngk salah, maaf gue lupa hhi. Tenang kita boleh coret2 langsung di kertas jawaban ini, karena soalnya langsung jawab didalam satu kertas kok, tetep say pake waktu.

Selanjutnya tes ketelitian, kita dikasih selembaran kertas disitulah soal disitulah kita tulis jawabannya. Tes ini membandingkan dua kata/kalimat sama atau tidak sama. Jadi kita tinggal tulis jawabannya "S = sama" atau "B = tidak sama" contoh :
1. Gadjah Mada University | Gajah Mada University  =  B
2. HYDROCEPALUS | HYDROCEPALUS = S
Tes ini menguji ketelitian kita, cermat atau tidak dan apakah kita memiliki daya tahan yang cukup terhadap stres atau tekanan pekerjaan. Jadi tes ini membutuhkan kosentrasi penuh apabila pikiran kalian blank dipertengahan usahakan kalian harus bisa bangkit dan fokus lagi pada tes, jangan suka menoleh kiri kanan karena bisa menghilangkan kosentrasi kalian lagian belum tentu jawaban temen kiri kanan bener semua, percaya diri aja sama banyak berdoa.

Tes berikutnya yaitu tes pengetahuan umum, sebenernya gue kaget, karena gue pikir cuma tes potensi saja, tapi saat itu juga gue pasrah dan serahkan kepada Allah swt. Kali ini gue pakai feeling jawabnya. Jumlah soalnya 40 soal kalau waktunya gue masih ngk tahu hhe, maklum terlalu fokus waktunya juga ngk dikasih tahu oleh panitia. contoh soalnya:
1. Karate berasal dari negara mana? a. Spanyol b.  Jepang c. Austalia d. Indonesia.
 Tentu jawabannya B eh malah gue jawab A hhaa, sangkin takutnya dengan soal pengetahuan umum karena gue ngk belajar tentang pengetahuan umum.
2. Kubah biasanya terletak di? a. masjid b. gereja c. kuil d. vihara
Jawabannya a, alhamdulillah gue bisa jawab soal ini.
Ada juga tentang buku sastra karangan siapa tapi gue lupa nama bukunya apa. Pertanyaan buku sastra bla bla bla dikarang oleh? bla bla gue juga lupa pilihannya. Ada juga soal ditanya tentang Panglima besar TNI dari Indonesia adalah tentu jawabnya Jenderal Sudirman. Sisanya gue lupa, intinya sering banyak baca yaa, baik baca ensiklopedia, berita2, sejarah Indonesia dan pengetahuan umum lainnya.

Tes terakhir ada beberapa soal sebanyak 20 soal kalau ngk salah yaa. Pertanyaan aneh kalau menurut gue, contoh: 
1. Kenapa sepatu harus berkulit?
2. Kenapa kita harus menabung?
3. Kenapa harus ada hukum?
4. mengapa perlunya surat keterangan nikah?
semua pertanyaan tersebut harus kita jawab secara cepat dan spontan, karena setiap soal diberikan waktu mungkin beberapa detik. Kita jawab tetap pakai pensil kayu dan tulis tangan dengan cepat. usahain jawabannya logic dan tulisan rapi biar panitianya bisa baca hhe.

Kalau ngk salah itu aja tes potensinya, tes potensi ini berlangsung selama 2 jam, selesainya jam 16.00. Alhamdulillah semuanya sportif dan teratur. Selesai dari tes kita harus tetap memperhatikan kerapian baju sama kebersihan ruangan. Kalau kotor kita disuruh buang ketempat sampah. Setelah selesai, perbaris disuruh keruangan sebelah untuk diukur tinggi sama berat badan. Jadi bagi yang tidak memenuhi standar tinggi, maaf anda mungkin tergeser tapi jangan khawatir kalau jawaban kalian tadi menyakinkan semuanya benar mungkin masih bisa dipertimbangkan, maybe :) Alhamdulillah berat sama tinggi badan gue proposional walaupun masih kategori pendek. Tinggi gue 156 cm dengan berat 48 KG, tetap bersyukur dari 100% masih ada harapan 10 % untuk lolos.

Pengumuman  ditahap tes potensi ini, diumumi cukup cepat, pada tanggal 11 Januari 2016 pukul 21.00 sudah bisa dilihat pengumumannya. Alhamdulillah kali ini gue masih diberi kesempatan oleh Allah lolos ketahap selanjutnya. Jumlah peserta tinggal setengah dari jumlah sebelumnya gue lupa pastinya berapa, sekitar 600 peserta yang lolos dari 1200 peserta.

4. Tes Psikologi (12 Januari 2016)
Sebelum tes gue sudah mempersiapkan matang2 dan memahami terlebih dahulu apa saja tes psikologi ini. Tetap kita harus menaati rulesnya biar ngk salah jalan hhaa, masih pakai kemeja putih polos dan rok dasar hitam. Datangnya 30 menit sebelum tes dimulai dan jangan lupa bawa pensil kayu sama kartu peserta. Oyah hampir lupa jangan lupa kartu peserta jangan sampe hilang karena proses ujiannya masih panjang. Kalau hilang kita perlu minta surat keterangan hilang dari kepolisian, ini serius diberi tahu oleh pihak panitia.

Sebelum tes dimulai, ada selembar kertas yang berisi 20 isian titik titik. Kita disuruh isi 20 karakter diri kita. Jawablah dengan jujur jangan terlalu mengada-ada. Nanti itu akan dibuktikan saat interview psikologi.

Tes pertama yaitu tes koran atau tes pauli atau tes kraeplin. Bersyukur banget tes ini yang pertama mumpung otak gue masih seger dan tenaga belum banyak terkuras. Tenang sebelum tes kita di kasih pengarahan dan latihan beberapa baris. Kalian perlu banyak latihan yaa agar hasilnya stabil karena hasilnya akan berbentuk diagram gitu. Dan siap-siap tangan kalian bakalan pegel bin patah hha.

Tes berikutnya yaitu tes warteg (melanjutkan gambar), lalu tes DAP (tes menggambar orang), tes Baum tree (tes menggambar pohon). Untuk tes ini tetaplah kertas kalian bersih jangan kotor, kalau perlu jangan banyak menghapus. untuk tes warteg, kolom 1, gue gambar kupu-kupu terbang, kolom 2 gue gambar burung terbang, kolom 3 gue gambar tiang listrik, kolom 4 gue gambar gedung, kolom 5 gue gambar balap mobil, kolom 6 gue gambar masjid, kolom 7 gue gambar kelinci, kolom terakhir/8 gue gambar badak. Sebenarnya semuanya ada aturan dan teknik untuk tes warteg ini nanti kalau gue ada waktu gue tulis khusus untuk tes psikologi ini. Untuk tes gambar orang, gambarlah sesuai jenis kelamin kalian dan sedang beraktifitas, dan untuk tes baum tree,kemarin kita disuruh gambar pohon berkayu, gue gambar pohon nangka, diusahain gambar pohonnya lengkap dari mulai ada tanah, akar, batang, dahan dan ranting, daun yang lebat serta ada buahnya. waktu yang diberikan untuk menggambar selama 15 menit per tes, totalnya 45 menit. Setelah menggambar orang, kita disuruh untuk menulis keterangan dari orang tersebut. Orang tersebut bekerja sebagai apa, punya penyakit apa, apa kekurangan dan kelebihannya dsb. gue sarani isinya sesuai dengan diri kalian.

Selanjutnya tes toefl, oh my god, i dont think i can be well with this test. Gue pikir tes toeflnya besok harinya ternyata digabung langsung dengan tes psikologi. Padahal sama sekali gue ngk ada persiapan matang untuk tes toefl dan bahasa inggris gue memang sedikit bad but not really bad say hhe. Sebelum mulai jawab, gue baca bismillah, rahasia gue berdoa dalam hati minta petunjuk untuk jawab toefl ini lalu setiap mau nulis jawaban baca bismillah dulu hha. Alhamdulillah Allah kembali membantu, entah sepertinya tangan sama pikiran gue bener2 tenang seperti kayak ada tangan Allah yang bantuin gue. Yakin deh kalau kalian sungguh2 berdoa dalam solat kalian pasti ada pertolongan dari Allah. Tes toefl pertama tentang writing, yaitu lebih ke grammar yaa, sebanyak 50 soal kalau ngk salah. Lanjut Tes toefl berikutnya yaitu reading, siap2 baca teksnya dengan teliti karena semua jawabannya ada didalam teks. Kira2 ada 50 soal juga untuk tes reading ini, Tapi dikasih waktu juga loh, biasanya diberi tahu sisa waktunya oleh panitia jadi kalian bisa menjawab semua jawabannya, sepertinya ngk ada minus tuk tes kali ini, untuk standar score toefl gue sendiri ngk tahu. Tapi lumayan soalnya ternyata nggak terlalu sukar apalagi kalian belajar dengan rajin pasti bisa.

Tes berikutnya tes skala kematangan, mungkin kalian sudah tahu ini, tes ini tidak ada benar atau salah. Tes ini melihat apakah kita konsisten atau tidak. Jumlah soalnya sebanyak 225 soal dalam waktu 45 menit. Jawab aja asal jawaban kalian konsisten yaa jangan terlalu panik ini mah nyantai aja tapi tetep pakai waktu -___- tapi panitianya baik kok, yang belum selesai kita ditunggu panitia untuk selesaiinnya.

Tes berikutnya gue bukan lupa tapi ngk ngerti sih sebenarnya tes nya. kita dikasih selembar kertas, ada kotak berisi tulisan. Yang mana tulisan itu kita isi sesuai nomor 1 - 5, ada artinya setiap nomor.
Nomor 1 : Bukan gue banget
Nomor 2 : Bukan gue sih
Nomor 3 : Gue bla bla (gue lupa maaf yaa)
Nomor 4 : Gue juga sih
Nomor 5 : Ini Gue banget
Sebenarnya lucu sih bahasanya pakai bahasa gaul gue hhahaa, tapi ini masih berhubungan dengan tes psikologi. Ada beberapa keterangan kita isi tiap keterangan tersebut yang mana menggambarkan diri kita apakah nomor 1 atau 2 atau 3 atau 4 atau 5. Tapi dengan syarat nomor 1 dan nomor 5 jangan lebih dari 6. Misalnya kita jawab nomor 1 sudah sebanyak 6 maka sudah cukup tidak boleh lebih, sebaliknya juga untuk nomor 5. untuk nomor 2 - 4 terserah tidak ada ketentuan. 

Alhamduillah gue bisa melalui tes ini sampai akhir walapun selama 4 jam duduk, nunduk sampai leher mau patah rasanya hha. Dan hasilnya gue lolos, untuk pengumumannya langsung malem harinya diumumi lewat akun masing-masing. Yang lolos tahap ini sebanyak 288 peserta dari 600 peserta hihi alhamdulillah ya Allah gue masih diberi kesempatan senangnya buka maennnnnn say.

5. Tes LGD (Leader Group Discuss), Interview psikologi dan Verifikasi ijazah dan transkrip asli ( 15 Januari 2016).
Untuk Tahap ini, pesertanya berjumlah 288 peserta salah satunya ada nama gue. Dari 288 peserta dibagi 6 shift, gue kebagian shift terakhir again. Tes ini berlangsung selama 3 hari dari hari rabu, kamis dan jumat. Kalau dilihat lumayan tangguh tuh tenaga perekrut PPM salut gue kerjanya bener2 terlatih, selektif banget. Gue kebagian hari jumat dan pukul 14.00 WIB shift ke 6. Sebenarnya gue mempersiapkan cara berbicara dengan baik gimana, cara bersikap tegap gimana dsb,

Tes pertama yaitu tes LGD (Leaderless Group Discuss), di tes ini kita dikasih case, case yang gue dapet tentang sebuah perusahaan biro perjalanan akan memberikan hadiah dan penghargaan kepada agennya yang sukses memberikan kepuasan pelanggannya. Tiap2 group terdiri 6 orang,di group gue ada 5 wanita dan 1 laki-laki. Di group tersebut gue sendiri dari yuris sisanya analis dan auditor. Durasi yang diberikan panitia selama 45 menit. Disitu kita harus menjadi playmaker bukan dominator dan gimana kita harus mempertahankan pendapat kita tetapi yang lainnya bisa ikut setuju. Kita harus mencari 2 orang agen yang berhak mendapatkan hadiah tersebut. Tugas kita sebagai supervisor untuk mempromosikan agen kita yang sudah ditetapkan bahwa agen kita yang berhak untuk mendapatkan hadiah tersebut. Dikelompok gue semuanya pada ngotot pada pendapat masing-masing dan tidak mendapat konklusi akhir karena waktu juga sudah habis. Tetapi disini juga dilihat gimana kita bisa mengalah untuk kebaikan dan keputusan jangan diambil berdasarkan voting. Yang penting kita jangan gugup dan kalau bisa selalu ingeti waktu, jadi kalian bisa ingeti teman2 kalian kalau waktu bentar lagi habis jadi cepatlah untuk mengambil kesimpulan. Tapi gue kebablasan walaupun sudah pakai jam tangan tapi lupa mau ingetin waktu malah keduluan temen lainnya. Disini gue sudah pupus harapan feeling gue bakalan nggk lolos. Setelah discuss berakhir, kita disuruh untuk keluar dari ruangan dan menunggu untuk dipanggil interview.

Gue kembali merelaxkan pikiran biar saat ditanya jadi nggak gugup. Gue dapet nomor urutan 4, gue harap nomor 4 ini nomor hoki gue karena kebetulan sesuai tanggal lahir gue.
Saat di panggil mulai gue di tanya, tapi gue lagi-lagi melakukan kesalahan, waktu masuk ruangan seharusnya gue tutup kembali pintunya tapi gue kelupaan huft :( Tapi berusaha tenang, sebelum disuruh untuk duduk gue belum duduk, setelah dipersilahkan baru kita duduk.
Ibunya sih ngk terlalu ektrim, malah ibunya masih muda menurut gue ngk pantes dipanggil ibu pantesnya dipanggil kakak masih muda banget soalnya hha. Percakapan kita dimulai dengan to the point, karena memang pewawancaranya yg minta jadi tidak ada perkenalan lagian si pewawancara juga sudah memegang semua biodata kita plus gambaran psikotes kita kemarin.

Pertanyaan awal, gue ditanyain kalau gue sudah lama menganggur tapi jangan panik atau malu lama menganggur kita jawab dengan percaya diri walaupun nganggur lama kita jawab sesuai intelektul, gue jawab "saya mengisi waktu saya dengan hal-hal konstruktif dan hal-hal positif, misalnya saya punya blog, saya menulis blog dan sharing mengenai hal-hal positif, saya juga mengisi waktu dengan rajin membaca buku tentang pengembangan diri, motivasi hidup, novel dsb, saya juga sukarela membantu pekerjaan kantor notaris saudara saya". Dari jawaban gue tersebut, timbul kembali pertanyaan, gue sarani sebelum menjawab pikirin terlebih dahulu biar ngk timbul pertanyaan lagi. Jadi kita harus pandai baca situaasi apa aja yang akan ditanya pewawancara. Gue sudah tmenebak pasti mau nanya kenapa nggk kerja di kantor notaris saudara anda saja. Karena sebelumnya gue juga ditanyain kenapa mau lamar di bank sumsel? gue jawab sesuai dengan biodata pertama gue isi. Feeling gue bener, gue ditanyaain lagi, kenapa anda tidak mengembangkan ilmu anda di kantor saudara? gue sih jawabnya masih santai aja karena sudah dipersiapkan tapi jawabannya rahasia yaa hhaa.
Setelah itu gue juga ditanyaain tentang skripsi, alasan gue kenapa milih judul tersebut. Lalu ditanyaain tentang organisasi gue semasa kuliah, penting juga ikut organisasi walaupun ngk ada pengalaman kerja setidaknya ada pengalaman organisasi. Gue juga ditanyain kenapa milih kuliah di fakultas hukum dan milih jurusan hukum perdata? gue juga ditanyain kenapa gue ngotot dengan pendapat gue saat diskusi kemarin? aduh sudah hopeless gue pas ditanyain ini, walaupun gue sudah jawab tapi masih kurang yakin dengan jawaban sendiri :( pertanyaan terakhir gue apa  kelebihan dan kekurangan yang ada didiri anda? gue jawab aja dengan santai disini gue agak sulit jawabnya saat di tanya kembali "kalau kekurangan anda dalam bentuk sifat?" gue hanya senyum gue ngk kepikiran harus jawab apa, gue ngk nyiapi jawaban yang tepat untuk kekurangann berdasarkan sifat. walhasil gue keluar dengan harapan nihil, tapi gue tetap ambil hikmah kalau jawab jangan terlalu gegabah tetap sabar kalau diskusi jangan ngotot. Soalnya kebawaan suka diskusi waktu kuliah maklum anak hukum kalau diskusi suka ngotot hhihi. Hasilnya gue ngk lolos ditahap ini. Tapi gue bersyukur masih bisa diberi kesempatan untuk ketahap ini setidaknya ada pengalaman dan sudah tahu cara seleksinya.
Saran gue, untuk tes interview psikologi, kalian harus preparing dengan matang, karena pertanyaannya tidak jauh dari psikologi gambar kita, jadi hal yang harus kalian ketahui adalah makna dari tes psikologi itu sendiri, seperti makna tiap2 tes warteg, tes gambar orang dan pohon. Di tes tersebut menggambarkan diri kita, pelajari terlebih dahulu baru kita bisa memberikan jawaban yang tepat dan baik apalagi saat kalian mau mempromosikan diri kalian saat di interview. Seperti pertanyaan kenapa lamar di bank sumsel, jawablah sesuai biodata awal kita tetapi juga sesuai gambaran psikologi kita, pertanyaan itu menyangkut minat kita yaitu sampai mana kemauan kita. Setelah gue pelajari dan membaca beberapa buku interview psikologi memang banyak kesalahan dari jawaban yang gue berikan waktu interview kemarin. Tapi gue tetap semangat dan berusaha mencari kerja lagi karena semakin banyak pengalaman kemungkinan besar kita bisa mendapatkan kerja yang benar2 baik untuk kita. Pengalaman dari beberapa orang, rata2 orang mencoba kedua kalinya dan baru bisa lolos di posisi ODP di bank nasional manapun. Gue dapet info itu dari informan yang akurat karena gue menginterview salah satu karyawan bank nasional (Bank BUMN), anggap aja si doi, dia bisa lolos diposisi ODP ini karena mencoba lagi untuk kedua kalinya, tentu dengan mempelajari kegagalan kamarin. Jadi Semangat lagi gue, gue nggak putus asa, yang putus asa itulah namanya KEGAGALAN SESUNGGUHNYA !
Untuk tahap ini yang lolos sebanyak 147 peserta dari 288 peserta. Peserta yang di eliminasi sebanyak 141 peserta termasuk nama gue ngk lolos hhaa. peserta yang lolos berhak lanjut ke tahap medical cek up. Untuk yang lolos di tahap medical cek up berlanjut ke tahap interview user. Untuk yang bisa lolos selamat yaa semoga menjadi karyawan yang bisa memberikan konstribusi yang positif.

I hope so, semoga informasi gue kasih ini bermanfaat bagi yang ingin melamar posisi ODP Bank Sumsel Babel. Keep fighting and dont give up ! yihaaaa.. (.shintannisa)

Waalaikum salam say....

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.