Cara Menurunkan Hipertensi

Assalammualaikum wr.wb.

Selamat datang di blog gue yang isinya abrul adul hha tapi bermanfaat bagi viewer (amin). Say hi untuk yang tersayang maksudnya buat my mom and dad, masih jomblo soalnya hha. Isi update-an gue kali ini mengenai tips atau cara menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Alhamdulillah, tekanan darah gue masih normal. Kenapa gue berbagi tips ini kebetulan pacar gue yang paling setia dunia akhirat alias daddy punya penyakit hipertensi yang cukup lama sih. Nah, kali ini saya mau berbagi bagaimana cara menurunkan hipertensi daddy ketika naik. Daddy gue sudah lama banget kena darah tinggi since nya gue lupa tahun berapa pokoke gue masih kecil unyu2 gitu. Ini tips gue dapet dari tante, tante gue dapetnya dari temannya, temannya dapet dari hmm entahlah ngk penting juga kali yaa hhaa. Lanjut, karena daddy selalu identik dengan sakit kepala, gue dan se-keluarga kasian lihatnya tiap sakit kepala harus minum obat terus ditambah obat darah tinggi juga, makin sering kita makan obat juga makin bahaya buat ginjal itu yang gue ketahui sih walaupun bukan lulusan kedokteran. Untuk langsung dapet turun hipertensinya bisa dengan meminum jus, etss tapi kali ini jusnya bukan jus biasa. Ada 3 jenis buah yang dijus menjadi satu. Berikut caranya:

Bahan:

  • 1 buah Apel segar  
  • 1 buah Tomat segar
  • 1 buah Wortel segar
Cara membuatnya:


Tomat, Apel, Wortel
  • Cuci terlebih dahulu semua bahannya sampai bersih, jangan lupa terakhir bilas dengan air hangat biar pestisidanya hilang.
  • Setelah semuanya bersih, kelupas kulit apel dan kulit wortel dengan bersih jangan terlalu tebal ya mengelupasnya. Dan tomat potong kecil lalu buang bijinya.
  • Terus potong kecil-kecil yaa apel sama wortelnya biar saat blendernya jadi halus merata.
  • Lalu, masukan air masak/ air kukuh sebanyak 1 ml.
  • Lalu, masukan terlebih dahulu tomat dan blender, setelah tomat halus masukan satu persatu potongan apel dan wortel sampai habis.
  • Setelah semuanya di mix menjadi satu, jus siap deh untuk diminum.
  • Apabila mau manis tambahkan gula secukupnya. Tapi kalau gue ngk dikasi gula soalnya menurut gue sudah manis kok.
Note: Bila tidak suka dijus/tidak ada blender, bisa menggunkan juicer jadi sari dan ampasnya terpisah.



JUS Menurunkan Darah Tinggi
Nah, gampangkan, yang ngk gampang itu nyusun kata2 menjadi kalimat yang mudah dimengerti untuk ditulis di blog ini hhaa (kidding). Jus sebaiknya diminum 1x sehari, kalau tekanan darahnya melewati 120/80 mm Hg atau tekanan darah anda 140/90 mm Hg mungkin anda sudah terkena darah tinggi. bisa minum jus ini selama 7 hari atau sampai darah kembali normal (120/80 mm Hg). Kalau sudah normal maka gue sarankan untuk tidak meminum jus ini tiap hari yaa cukup seminggu 2x - 3x atau 3x seminggu. Kenapa begitu? karena gue takut tekanan darah anda menjadi hipotensi atau terlalu rendah kan bahaya juga terlalu rendah.

Pengalaman daddy ketika darahnya mendadak naik, sekitar tahun 2012 (kalo ngk salah). Saat itu bentar lagi akan datangnya bulan Ramadhan. Secara, terkadang dibulan Ramadhan selain beribadah makin bertambah, aktifitas juga ikut bertambah. Nah, si daddy belakangan itu selalu mengeluh sakit kepala ternyata darahnya naik terus dan harus mengkonsumsi obat darah tinggi berbagai jenis. Selain itu gue sebagai anak sedih dan juga mantan pacar daddy alias mom gue juga ikutan sedih. Alhamdulillah pas puasa pertama, gue dapet saran dari tante gue, katanya buat jus ini terus diminum tiap hari. akhirnya tiap menjelang buka puasa gue buatin jus ini selama 30 hari puasa saat buka puasa. Saat setelah lebaran Idul Fitri berakhir, daddy kontrol darahnya normal dan Alhamdulillah banget selama puasa 30 hari, kepalanya ngk pernah sakit bahkan merasa seger terus badannya. Malah jadi lupa makan obat darah tinggi lagi tuh daddy. Akhirnya setelah lebaran, hampir tiap hari gue buatin jus buat daddy, ternyata sekitar 2 minggu daddy minum jus, dia merasa badannya melayang maksudnya gue kalau berjalan kayak mau jatuh. Akhirnya dicek ke dokter dan dicek darahnya terlalu rendah, darah daddy turun drastis. Nah, viewer jadi minum jusnya jangan terlalu tiap hari kalau darahnya udah normal tapi tetep rutin setidaknya 3x seminggu (khusus yang menghidap penyakit darah tinggi/hipertensi).

Tapi gue juga berpikir, kenapa selama 30 hari bulan puasa tiap hari gue buatin jus, darah daddy normal terus, eh setelah bulan puasa jadi terlalu turun, mungkin inilah salah satu keajaiban Allah swt. yaa selama bulan puasa. Dengan kata lain, walaupun usaha kita sekeras apapun, segiat apapun jangan lupa diiringi dengan doa kepadaNya (menurut kepercayaan masing2). Jadi ikhtiar kita dibarengan dengan doa (taat beribadah) itu yang menjadi cepat sembuh.

Bagi viewer yang sudah mencobanya, testimoninya boleh di share di bawah ini kali yakkk :) siapa tau jadi temen kita haha maksud gue siapa tau bisa sharing soal cara lain untuk menurunkan hipertensi selain minum jus dari tips gue. Dan juga jangan lupa info tips dari gue di bagi ke yang lain yaa, siapa tau membantu selain amal yang didapat dan juga teman baru (LOL). Selamat mencoba, mohon maaf bila ada kesalahan kata di kalimat sederhana gue, Kesehatan itu so expensive, sebelum terkena lebih baik mecegah, bukan? Terima Kasih, salam smile dari gue (shintaannisa).

Waalaikumsalam wr. wb.

2 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

wah terimakasih ya info yg bermanfaat secara suamiku juga hipertensi

Unknown mengatakan...

@Tira senang sekali bisa membantu :)) semoga lekas sembuh yaa mba suaminyaaa amin.

Diberdayakan oleh Blogger.