nasi goreng ala saw

:))
permulaan dengan emote senyum, bosen dengan kata sehaii sehello yaa...
to the point yaa, sesuai judul, postingan gue kali ini soal resep. resep lagi resep lagi,, ya manusia pasti butuh makan kali yakk hhee. mungkin kalian semua suda tahu nasi goreng (nasgor) ini makanan ciri khas Indonesia buat sarapan. tapi berbeda dengan gue. nasgor bukan buat sarapan pagi tapi buat lunch di siang bolong, lucu ngk?? menurut aku ngk siih? *garing*. nasgor itu adalah makanan yang suda di fragmentasi. maksudnya buka aja google yaa, klo mau di jelasi entar sama kayak gue ngarang jawaban ujian semesteran yang ngk ada koma dan titik..
gara2 gue posting soal kegiatan LPM @mediasriwijaya tadi, tiba2 perut gue misscall, handphone kali yaa??? -_-". ini kerjaan anak2 pers pengen nulis2 siapa tau jadi penulis beneran kayak @radityadika wkwkwkw *amien deh gue amienin, LOL*. lanjut kisah penderitaan perut gue yg nyengnyong melulu...jadi buru2 deh ke kitchen *dapur maksudnya* pas gue buka tudungan saji di meja makan yg katanya seberat 10 ton -_-" wow,, sambal yang ada ribu2an biji cabe. kecewa ngk tapi malah makin begebuh mau makan. karena keadaan deadline ni perut. langsung mikir buat nasgor aja lumayan ganjel perut. dengan bumbu yang ala radarnya *gaya gue pake radar bukan kadar* langsung ambil satu sendok teh sambel bebek belian semalem, mumpung masih enak.terus gue giling pake lumpang batu dari letupan gunung merapi *ngk tau namanya apa pokoknya gilingan buat cabe* ngeri cyinn liat pentolan2 biji cabe begonoan kasian nih usus gue udah penyot2. gue giling tuh cabe terus gue kasih 2 siung bawang putih, terus gua  tambahin lagi kunyit, tau kunyitkan?? itu loh rempah2 yang direbutin orang Deuct *Belanda kalo diartiin* kunyitnya secukupnya aja buat pewarna nasinya.sesuai warna kesukaan gue warna kuning *sekilasinfo*. kunyit tadi di giling juga bersamaan dengan sambel dan bawang putih. setelah halus seperti mukaku wkwkwk... kita giling ebie. 
Ebie ato ebi yaa, pake e ato ngk? *sudalah lupakan* pokoknya ngk tau ebi itu adalah udang kecil2 yang suda dikeringkan. banyak kok di pasar2 tradisional jual ebie, kalo bagi kalian yang ngk pernah ke pasar tradisional di supermarket juga ada. tetep ngk tau ebi, hell-o buka aja google hahahaa...
ini namanya ebie or ebi
Ebie tadi kita giling juga sampe halus tapi jangan di gabung sama sambel gilingan tadi. selanjutnya kita siapkan nasi yaa bukan beras >_<". siapin secukupnya aja, secukup perut loh...trus siapin 2 butir telur ayam, telur bebek juga bole, ngk ada telur juga ngk apa2, tetep maknyos kok nasgornya entar...terus lanjut siapin wajan dan masuki minyak goreng sedikit ja yaa dan panaskan. mau tau minyaknya udah panas ato belum celupin aja jari loh ke wajan hhaaa *jangan terlalu silly yaa dalam hal masak memasak*. terus masukin telur dan di oseng2 yaa *bahasa yang benarnya apa yaa -_-?? entahlah* oseng telur sampe ancur dan matang terus tiriskan kalo udah matang. selanjutnya masukkan ebir yang di giling tadi, kita oseng2 lagi, oseng2 pake gaya chef di hotel2 berbintang bolee juga hhaa...bentar aja di oseng langsung campurkan sambel yang udah gue modif ala2 gue (twitt gue nih --> @shintaannisa hha promo ngk apa2 :p) di oseng bentar terus campur nasi beserta telur tadi. di aduk2 sampai semuanya merata. terakhir kasih garam secukupnya, cicip dulu nasgornya udah pas belum baru di sajikan..
betewek,,soal sambel tadi yang gue bilang ada ribuan biji ngk ketulungan. itu sambel yang gue beli di bebek H.Slamet ( sekalian promosiin deh biar amal bertambah amien :P) bagi yang suda pernah makan di situ, ajib gile kuadrat 100, pedasnya bukan maen, bukan buat di uji coba yaa hhaa...bebek H. Slamet salah satu restoran yang lumayan terkenal di kota pempek, kota Palembang. memang deh sambelnya pedes bin super duper hot. gara2 ngk ada makan buat lunch jadi langsung manfaati aja sambel semalem  karena bebeknya suda tak tersisa lagi...masakan gue ni bener2 fragmentasi yaa tapi dijamin halal dan bersih kok :)) kan buatan tangan sendiri.
ini sambel gue beli di H.Slamet
promosiin H.slamet :))




bagi kalian ya mau mencoba silakan nih aku buat resumenya (kuliah kaliiii resume !!! :D) biar kalian pada  ngk pusing baca karangan bebas gue di atas hhaaa...

sederhanakan nasgor buatan gue tapi tetep enak. cuma cerita pembuatannya aja ngk sederhana hhaa :p


bahan:
- sambel ( cabe gililng secukupnya)
- 2 bawang putih siung
- kunyit (mungkin sebesar kuku jempol tangan)
- 2 telur
- ebie secukupnya
- garam secukupnya
- nasi (2 centong nasi)
cara memasak:
1. haluskan cabe+ 2 bawang putih+kunyit. giling sampai halus, bole kasih garam sedikit aja yaa.
2. giling ebie juga sampai halus tapi di pisahkan dengan cabe gilingan tadi.
3. siapkan minyak goreng dan panaskan. masukkan telur dan diaduk sampai hancur. tiriskan telur.
4. goreng/tumis ebie giling tadi dengan minyak panas, setelah itu campur cabe gilingan tadi. aduk sampai rata.
5. masukkan nasi beserta telur tadi. aduk terus sampai warna nasi menjadi kuning merata.
6. sajikan dengan hiasan cantik, seperti timun, paprika, tomat, kerupuk dll.

oyah,,,suda gue jelasin kalo sambel yang gue pake tadi pedes bin super duper hot jadi ato alias yang ngk bisa makan pedes kalian bisa makan nasgornya pake tomat sama kerupuk. karena gue juga ngk tahan yang namanya pedes jadi cara mengatasinya gue makan nasgor pedes itu pake tomat. makan di barengi sama tomat buat pedes sedikit berkurang menurut gue. lagian tomat juga bergizikan buat mata dan kulit. apalagi paprika. menurut kalian paprika itu pedes sebenernya ngk kok. buat makan kita jadi lahap hap hap. let's to try :))

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.