3 Godaan Puasa Yang Mainstream Selama Bulan Ramadhan

Assalamualaikum reader, Sore-sore menunggu buka enaknya ngablogburit bersama BlogDetik. Nah tema ngablogburit hari ini Godaan Puasa Ramadhan. Berbicara tentang godaan, banyak sekali godaan puasa di Bulan Ramadhan yang terkadang tidak dapat kita kendali. Banyak godaan berarti cobaan dalam bulan Ramadhan dalam menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim. Godaan-godaan di bulan Ramadhan ada yang membuat puasa batal dan ada juga membuat amal ibadah kita berkurang. Hal yang membuat puasa kita dapat batal yaitu memasukan sesuatu ke dalam lubang seperti makan dan minum, mengalami masa haid, mengalami nifas, keluar mani tanpa berhubungan intim, berhubungan seksusal sepasang suami-istri, muntah dengan disengaja, murtad. Hal-hal ini godaan puasa yang berakibat dapat membatalkan puasa.
Sumber: Google

Adapun godaan puasa yang berakibat mengurangi amal kita yaitu godaan pertama haus dan lapar. Tentunya kita menjalani puasa merasa tenggorokan kering kerontang apalagi suasana cuaca sangat panas. Dengan kondisi begitu, kita selalu mengeluh karena menahan rasa haus dan lapar apabila tidak dapat menahan rasa haus dan lapar bisa saja diam-diam ke dapur atau ke warung makan tanpa sepengetahuan orang tua. Tetapi cara mengatasi untuk menghilangkan rasa haus dan lapar kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat melupakan rasa haus dan lapar seperti ngablogburit yang diadakan BlogDetik sekarang ini. Sambil menunggu waktu buka, kita bisa saling sharing dan sangat bermanfaat bahkan amal ibadah kita bertambah.
SumberL Google
Godaan kedua yaitu menahan emosi, yang punya darah tinggi hati-hati kontrol emosinya. Emosi tidak bisa ditebak karena emosi sering sekali datang mendadak dari pikiran jatuh ke luapan mulut. Tetapi emosi dapat dihindari asal tidak ada yang memancing. Saya sendiri suka emosi kalau dosen tidak datang di kegiatan perkuliahan. Siapa yang tidak emosi kita datang ke kampus sudah jauh-jauh tiba-tiba masuk kelas dikabari oleh ketua kelas dosennya berhalangan hadir terkadang tanpa kabar berita. Sebagai mahasiswa merasa rugi waktu, rugi uang bayaran sama rugi capeknya. Ada lagi tidak bisa mengontrol berbicara kotor. itu juga termasuk emosi tanpa sadar tidak bisa dikontrol oleh mulut. Untuk mengatasi emosi-emosi tersebut saya selalu melakukan istigfar didalam hati agar emosi dapat dikontrol. Saya sering melapazkan zikir didalam batin setelah solat maupun dalam kondisi waktu senggang. Kalian bisa berzikir Asma'ul Husna ke-99 Ash Shabur (Maha Sabar). Dijelaskan dalam Al-quran Surat Ali Imran ayat 146 : "mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka dijalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar". Apabila kalian melapazkan Asma'ul Husna ke-99 ini sebanyak 1000 kali maka Allah SWT akan menganugerahkan berupa kesabaran atas segala kesusahan dan bala bencana yang dihadapi termasuk menahan emosi kita. Tetapi kalau kalian menyebut ya shabur ini sebanyak 3000 kali maka niscaya bagi yang mengalami masalah maka akan menemukan jalan keluarnya atas izin Allah SWT.
Hal lain yang menurut saya godaan puasa yang sulit bahkan 90% tidak dapat dihindari oleh kita semua
Sumber: Google
yaitu bergosip. Apalagi bagi anak-anak yang masih labil seperti anak sekolah sering sekali bergosip tentang temannya maupun tetangganya, hal seperti ini pernah saya alami sendiri semasa sekolah. Ada saja yang diperbincangkan bersama teman-teman disekolah kadang juga teman-teman saya dikampus kalau sudah berkumpul, MasyaAllah mulut ini tidak bisa direm. Paling kecil sering sekali menggosipkan dosen si A, dosen si B apalagi dosen yang killer suka banget jadi trending topic perbincangan dengan teman-teman. Apesnya suka bergosip dengan teman lagi puasa bukan dapat amal ibadah melainkan dosa. Untuk menghindari bergosip di Bulan Ramadhan kalian bisa mengurang kumpul -kumpul dengan teman-teman atau ada teman yang bergosip kalian cukup berkomentar dengan ketawa atau senyuman saja he..he..he.. Bisa juga kalian membawa sesuatu seperti buku dengan dalil kalian sedang asik membaca buku yang kalian bawa atau maen game di handphone maka dapat terhindar dari gosip. Bagi kalian yang sulit  menahan gosip di siang bolong bersama teman-teman, kalian juga bisa melapazkan zikir Asma'ul Husna ke-82 Al'Afuwww (Maha Pemaaf). Yang sering sekali bergosip maka dosanya bisa bertambah maka dengan berzikir berulang kali Ya'Afuwww, Insyallah Allah SWT akan mengapuni dosa kita. Yakinlah Allah SWT maha pemaaf yang diterangkan dalam surat An Nisa' ayat 99: "Mereka itu, mudah-mudahan Allah memaafkan mereka. Dan adalah Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun".
Ketiga hal tersebut menurut saya, sering sekali terjadi dan tidak dapat kita hindari. Semoga blog saya ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan menambah amal ibadah bagi saya, Amin ya Rabbalamin.

Happy Fasting guys :)
Asslamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.