Resep Galbi ala saw

Hi, im come back :) kali ini gue mau posting resep masakan dari korea selatan. Hari ini gue iseng  buat makanan khas dari korea ini karena nonton drama korea. Kalo kalian pernah nonton drama korea juga kalian pasti sering ditiap drama pasti ada action lagi masak daging yg dipanggang di atas pemanggangan trs dibolak balik pake sumpit. Setelah gue beberapa bulan sibuk urusin PLKH gue, PLKH itu adalah kegiatan kuliah gue yang butuh ekstra tenaga, pikiran dan dana. PLKH ini setiap hari jumat dan sabtu dari pagi sampe sore pake baju putih hitam+dasi+separu pantupel, kebayang ngk usah kayak salesgirl aja hahaaa, PLKH juga jumlah sksny 10 sks betapa pentingny bagi gue dan teman2 gue jg untuk meningkatkan IPK hhhaa. Sampe temen gue bilang kuliah yg biasa cm 2 sks, 3 sks bahkan 4 sks udah ngk penting lg cm 10 sks ni y penting hhhaa (jadi ngelantur cerita soal PLKH deh :') kangen jg gue dg PLKH entar gue posting deh apasih sbenarnya PLKH itu, insyallah secepatnya klo Allah mengizin dan ada waktu kosong yaa ☺️).
Come back soal makanan korea yg gue buat hari ini. Masakan ini membuat satu rumah gue wangi banget sampe mami bilang "wah sih bungsu masak apa, wanginya kebangetan".  Yupps mungkin kalian udah bisa nebak klo gue masak namanya GALBI. Galbi itu dari daging babi yg dipanggang diatas tungku atau pemanggangan api. Itu kalo di Korea pake daging babi kalo di Indonesia terkhususnya karena gue islan kita ganti daging sapi tp di Korea juga suka pake daging sapi kok. Balik lagi kedrama kalo kalian nonton drama korea pasti selalu ada action  masak daging sapi dalam keadaan merayakan sesuatu ato kalo lagi sedih. Gegara sering nonton drama korea jadi gue ngiler tu, lagian pula kalo kalian tonton dramany gue jamin langsung ngiler pgn nyoba karena gaya makan orang korea atau pemainnya bener2 asyik dan menggugah selera banget loh hhaa. Dan hari ini saya mencobanya. Mari kita langsung mencoba membuat galbi ๐Ÿ˜‰๐Ÿฃ๐Ÿด๐Ÿบ

Bahan :
1. Daging sapi
2. 2 siung bawang putih (dicincang cincang)
3. 5 siung bawang putih (dihaluskan)
4. Pasta cabai / cabai di giling atau dihaluskan
5. Lada hitam / sahang
6. Garam
7. Gula
8. Minyak goreng
9. Minyak wijen (kalo tidak suka boleh tidak dipakai)
10. Jahe secukupnya (dihaluskan)
11. Kecap manis

Cara membuat  Galbi :
1. Pertama kita buat bumbu galbi terlebih dahulu : Haluskan bawang putih, cabe /pasta cabe beserta jahe di aduk merata atau dicampur.
2. Siapkan daging sapi di iris tipis tapi jangan terlalu tipis sekitar 2 cm.
3. Campurlah daging dengan bawang putih yg telah dicincang lalu remas atau aduk agar meresap.
4. Masukkan lada hitam aduk rata, lalu selanjutnya masukan bumbu yg telah dihaluskan, aduk rata.
5. Campur kecap manis, garam dan gula secukupnya lalu aduk rata.
6. Agar dagingnya lembut kita gepuk dagingnya menggunakan penggepuk daging kalo tidak ada bisa menggunakan ulekan cabe yang dari batu. Tapi menggepuk daging jangan terlalu keras takutnya dagingnya hancur (malah jd daging cincang nantinya hhaa), jadi gepuknya pake perasaan, kira2 udah agak gepeng sudah cukuplah.
7. Kita diamkan dagingnya selama 5 jam ato semalaman di lemari es bukan di freezernya yaa. Tp gue tadi cm 4 jam tanpa dimasukan di lemari es jg ngk apa2 kok. Atau satu jam juga sudah cukup agar bumbunya benar2 meresap ke dalam daging.
8. Setelah di diamkan kita masukan minyak goreng satu sendok aja agar saat masaknya ngk lengket (kalo manggang pake teplon) manggang daging ngk harus pake pemanggangan kayak di drama korea itu yaa. Kalo gue make pemanggang soalny biar sama kayak dikorea (sangkin gilany gue sm drama-drama korea). Kalo mau pake teplon jg boleh biar lebih praktis tp kalo pake teplon tanpa minyak yaa soalny kan sudah kita kasi minyak td 1 sendok. Dan kalo gue buat galbi khususnya masak makanan korea gue ngk suka pake  minyak wijen soalnya bagi gue rasanya aneh, karena rata2 masakan korea pasti pake minyak wijen ato biji wijen mungkin udah ciri khasnya kali dari turun menurun kerajaan joseon (nonton aja dramanya dong-yi)
9. Masak lah dagingnya jangan lupa fi bolak balik yaa, sampe warnanya berubah pucat ato kecoklatan.
10. Tadhaaaaa galbi jadi dan siap disantap dengan nasi, selamat mencoba.
Gue ada dokumentasinya, berhubung gue ngetik ini lewat iphone and agak ribet upload poto harus unduh lagi aplikasinya hiks jadi entar gue posting potonya lewt pc yaa reader. Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.